https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 37 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 | Atikah | SURYA BAHTERA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIIISMP NEGERI 37 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kurnia Atikah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) penerapan pembelajaran keterampilan menyimak berita dengan model examples non examples pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Purworejo; (2) Pengaruh model examples non examples terhadap sikap dan minat  dalam pembelajaran menyimak berita;(3) peningkatan  keterampilan menyimak berita dengan model examples non  examples pada siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Purworejo sebanyak 20 siswa Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan., pengamatan, dan refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kunatitatif dan kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan menyimak berita dengan model examples non examplesmeliputi menyimakvideo berita, melakukan diskusi secara berkelompok (dengan teman sebangku), mengerjakan soal yang telah dibacakan guru,selanjutnya perwakilan kelompok diberi kesempatan membacakan hasil menyimak berita.Pengaruh model examples non examplesterhadap sikap dan minat memberikan pengaruh positif.Terbukti dari presentase perhatian terhadap pembelajaran dan, keaktifan.Pada prasiklus (20%,),siklus (50%), dan siklus II (70%).Berdasarkan analisis data penelitian peningkatan siswa dalam menyimak berita pada prasiklus, siklus I, siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata kelas. Nilai rata-rata keteramplan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Purworejo pada tahap prasiklus mencapai 53,70, kemudian siklus I meningkat 63,40. Pada siklus II meningkat menjadi 72,25.

 

Kata kunci: Keterampilan menyimak berita, model pembelajaran examples non examples

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.